skip to Main Content

Pemberitahuan Rekomendasi Pengusulan Perubahan PTS Periode 4 Tahun 2018

Sehubungan dengan surat Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek, dan Dikti Nomor 4458/C.C4/KL/2018 tanggal 25 Oktober 2018 perihal Pengumuman Pengusulan Perubahan Perguruan Tinggi Swasta Periode 4 Tahun 2018, serta mengacu pada Permenristekdikti Nomor 100 Tahun 2016 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN dan Pendirian, Perubahan Pencabutan Izin PTS, bersama ini dengan hormat kami sampaikan beberapa hal berikut:

  1. Surat permohonan rekomendasi Perubahan PTS disampaikan ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III dengan melampirkan berkas persyaratan yang ditetapkan oleh Dirjen Kelembagaan Iptek, dan Dikti;
  2. Berkas Persyaratan dan Daftar Program Studi yang dibuka pada Periode 4 Tahun 2018 dapat dilihat pada “Buku Persyaratan dan Prosedur Perubahan PTS Periode 4 Tahun 2018” yang dapat diunduh pada laman  http://silemkerma.ristekdikti.go.id ;
  3. Lampiran surat permohonan rekomendasi dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Masing-masing dokumen berkas persyaratan dibuat dalam bentuk file PDF (bukan Ms.Word atau Image/Gambar) menggunakan media penyimpanan CD/USB Flashdisk;
    2. Setiap file PDF disusun menurut urutan daftar berkas persyaratan sesuai daftar berkas persyaratan sebagaimana butir 2;
    3. Dokumen yang tidak menjadi persyaratan wajib mohon agar tidak diserahkan saat penyampaian usulan, dokumen tersebut dapat dibawa pada saat presentasi;
  4. LLDIKTI Wilayah III berhak menolak permohonan rekomendasi yang tidak memenuhi butir 1 dan 2 di atas atau ketentuan lainnya yang ditetapkan oleh Ditjen Kelembagaan Iptek, dan Dikti. Permohonan rekomendasi yang ditolak dapat diusulkan ulang selama batas waktu penerimaan berkas masih tersedia;
  5. Surat permohonan rekomendasi beserta dokumen akan ditelaah oleh LLDIKTI Wilayah III sesuai dengan tugas dan kewenangannya;
  6. LLDIKTI Wilayah III akan mengundang PTS Pemohon untuk mempresentasikan permohonannya (apabila diperlukan);
  7. LLDIKTI Wilayah III akan menerbitkan Surat Rekomendasi bila berdasarkan hasil verifikasi dan telaah sudah layak untuk diajukan ke Dirjen Kelembagaan Iptek, dan Dikti;
  8. Pengusulan Pendirian PTS dan Pembukaan Prodi mengacu pada Buku Persyaratan dan Prosedur Pendirian PTS dan Pembukaan Prodi pada PT Periode 4 Tahun 2018, sesuai surat Kepala LLDIKTI Wilayah III Nomor 169/L3/KL/2018 tanggal 10 Oktober 2018 perihal Pemberitahuan Rekomendasi Pengusulan Pendirian PTS dan Pembukaan Program Studi pada PT Periode 4 Tahun 2018, dan Nomor 196/L3/KL/2018 tanggal 10 Oktober 2018 perihal Perpanjangan Waktu Pengusulan Pendirian PTS dan Pembukaan Prodi pada PT Periode 4 Tahun 2018;
  9. Pengusulan Penggabungan atau Penyatuan PTS mengacu pada Permenristekdikti Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penggabungan dan Penyatuan PTS dan mengikuti mekanisme sebagaimana Buku Persyaratan dan Prosedur Penggabungan dan Penyatuan Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2018 yang dapat diunduh pada laman http://silemkerma.ristekdikti.go.id.

Untuk permohonan Periode 4 Tahun 2018, berikut kami sampaikan jadwal pemrosesan permohonan rekomendasi :

No Jadwal Batas Waktu
1 Penerimaan Berkas Persyaratan 29 Oktober – 21 November 2018
2 Telaah Dokumen 30 Oktober – 22 November 2018
3 Presentasi 31 Oktober – 22 November 2018
4 Penerbitan Rekomendasi 31 Oktober – 23 November 2018

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdr. Hidayat (HP. 08159307469) atau Sdr. Mulhadi (HP. 085299709081).

Selengkapnya silahkan unduh :

1. Surat Kepala LLDIKTI Wilayah III No. 216-L3-KL-2018

2. Surat Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek, dan Dikti No. 4458-C.C4-KL-2018

3. Buku Persyaratan dan Prosedur Perubahan PTS Periode 4 Tahun 2018

4. Daftar Prodi STEM Periode 4 Tahun 2018

Back To Top