skip to Main Content

Assalamualaikum wr. Wb.

Teman teman kali ini yuk kenalan sama anak anak Himpunan. Di Informatika Universitas Al Azhar kita ada Himpunan loh, yaitu Himpunan Mahasiswa Informatika atau disingkat HMIF. HMIF sendiri dimulai dari tanggal 12 April 2003. Nah HMIF bertujuan sama dengan Himpunan pada program studi lain, yaitu untuk mengembangkan pola piker dan potensi mahasiswa dan prinsipnya Dari, Oleh dan Untuk mahasiswa Informatika sendiri.

HMIF sendiri memiliki visi:

“Terwujudnya HMIF yang inklusif dan kohesif bagi kemajuan mahasiswa informatika di tingkat regional dan nasional.”

Maksudnya, HMIF adalah satu bagian dari seluruh Himpunan Mahasiswa Informatika regional dan nasional. Hal ini telah dibuktikan dengan keikutsertaan HMIF di Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (PERMIKOMNAS) dengan mengikuti beberapa acara dari PERMIKOMNAS. Hal ini tentu membuat HMIF tidak hanya dikenal di lingkungan Universitas Al Azhar Indonesia saja namun juga dikenal kampus.

Ada juga misi dari HMIF yaitu:

  1. Menciptakan budaya kerja yang kohesif dan berpikir positif di kalangan mahasiswa Informatika.
  2. Membangun jejaring kerjasama internal dikalangan civitas akademika Informatika dan eksternal.
  3. Mengembangkan bakat dan minat serta prestasi mahasiswa Informatika dalam segala bentuk kegiatan Tri Dharma.

Maksud dari misi HMIF yang pertama adalah menciptakan budaya yang salaing bekerja sama, dan memberikan pengaruh positif kepada mahasiswa mahasiswa Informatika. Yang kedua, membangun kerjasama dengan internal mahasiswa Informatika lain dan eksternal. Dan terakhir, mengembangkan keahlian mahasiswa Informatika untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruant Tinggi. Tri Dharma Perguruant Tinggi sendiri adalah tujuan yang menjadi visi dan misi semua perguruan tinggi. Isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah,

  1. Pendidikan dan Pengajaran
  2. Penelitian dan Pengembangan
  3. Pengabdian kepada Masyarakat

Untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini HMIF periode 2017/2018 dengan Kabinet Hiraki memiliki serangkaian program kerja.

 

 

Nah berikut ini merupakan program kerja tiap departemen di HMIF Universitas Al Azhar Indonesia Periode 2017/2018.

Departemen Pengembangan Akademik

  1. Konsultasi Akademik, program kerja ini di bentuk utuk mengatasi masalah akademik setiap individu di kalangan civitas akademika Informatika. Dengan menyebarkan form setiap bulannya departemen akademik akan membantu mencarikan solusi akademik untuk mahasiswa lain.
  2. Responsi, merupakan program kerja yang membantu para asisten dosen ataupun asisten praktik untuk meminjam ruangan atau mengadakan pembahasan terhadap mata kuliah yang memiliki asisten.
  3. Club, program kerja club ini khusus untuk mempelajari Bahasa Bahasa pemograman yang ada dan akan di pelajari mahasiswa Infortika Universitas Al Azhar Indonesia seperti, Java, PHP, Python dan yang lainnya.

 

Departemen Riset dan Teknologi

  1. Winner, program kerja yang satu ini merupakan sebuah workshop tahunan yang membahas tentang komputer, jaringan dan apapun yang berhubungan dengan hardware secara garis besar dan dasar dasr penginstallan software untuk komputer.
  2. FORTEX, merupakan sebuah program kerja yang diadakan tahunan. Program kerja ini merupakan seminar dan diselingi dengan lomba. Seminar yang diadakan merupakan seminar yang membahas tentang teknologi pada saat ini.
  3. Bengkel Koding, merupakan program kerja dari Departeman Riset dan Teknologi yang mengulik masalah coding dan membahasnya agar dapat mudah di pelajari.
  4. Workshop, merupakan program kerja yang kondisional, tujuannya membantu pihak luar untuk mengadakan workshop di lingkungan Informatika Universitas Al Azhar Indonesia

Departemen Kerohanian, Seni, dan Olahraga

  1. TAHSIN, program kerja ini untuk seluruh mahasiswa program studi Informatika Universitas Al Azhar Indonesia untuk mempelajari ilmu Tahsin sehingga mudah dalam mengikuti test baca Qur’an untuk kelulusan.
  2. KAMUS IT (Kajian Muslim Teknik Informatika), kalo proker ini merupakan sebuah kajian yang rutin yang akan diadakan untuk mahasiswa Informatika Universiitas Al Azhar Indonesia, tujuannya agar mahasiswa Informatika tak hanya mendapatkan ilmu dunia tapi juga ilmu akhirat.
  3. Club Design, merupakan program kerja yang mengasah kreatifitas mahasiswa Informatika dalam desain visual untuk poster dan tampilan tampilan yang lain.
  4. SONIC (Sport Of Nable Informatic), nah yang terakhir dari departemen ini, merupakan sebuah acara olahraga tahunan yang tujuannya untuk memperat hubungan antara senior, junior, alumni bahkan dengan dosen loh.

Departemen Internal

  1. Glowing, Nah glowing ini merupakan acara malam keakraban antara mahasiswa mahasiswa di Informatika dengan mahasiswa maupun dengan dosen dan juga alumni.
  2. Madding, kalo madding ini merupakan salah satu program kerja untuk mendekorasi madding Informatika nih, di madding kita juga bisa nulis kesan pesan loh.. Unik yaaa
  3. Buka Bersama, kalo bulan puasa sama seperti yang lain kita juga ada buka bersama loh. Buka bersamanya tidak Cuma dengan mahasiswa aktif loh, tapi juga bersama dosen dan alumni.
  4. Zona IF Internal, merupakan program kerja Departemen Internal untuk mengaktifkan sosial media yang berhubungan dengan Informatika UAI

Departemen Eksternal

  1. Studi Ekskursi, merupakan salah satu program kerja departemen HMIF UAI untuk jalan jalan sambil tambah tambah ilmu nih. Karena jalan jalannya ini ke perusahaan perusahaan IT
  2. Zona IF Eksternal, kalo zona yang ini dimaksudkan untuk menampung undangan dari pihak luar Informatika UAI. Jadi sebagai sumber informasi acara di luar prodi atau kampus.
  3. HMIF Berbagi, merupakan salah satu program kerja yang menumbuhkan rasa empati mahasiswa Informatika kepada orang lain khususunya kepada masyarakat yang tertimpa musibah.

Departemen Kaderisasi dan Organisasi

  1. SIF UAI, merupakan acara berbagi ilmu yang di adakan Informatika UAI biasanya yang menjadi panitia pada acara ini adalah mahasiswa baru. Tujuannya agar mahasiswa baru juga bisa berbagi ilmunya kepada orang lain.
  2. LDK Materi, merupakan sebuah program kerja Departemen Kaderisasi dan Organisasi untuk melatih kepemimpinan dan kedisplinan mahasiswa Informatika. Tidak hanya itu, tapi kita juga di ajak untuk melakukan hal hal positif yang seru loh.
  3. Pelatihan Sidang, kalau pelatihan siding ini merupakan salah satu program kerja untuk melatih mahasiswa Informatika sebelum melakukan sidang.

Nah seru kan Himpunan Informatika Universitas Al Azhar Indonesia? Dan inilah wajah wajah kepengurusan tahun ini.

Back To Top