skip to Main Content

“Bangkit Untuk bersatu” di Lingkungan LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta

JAKARTA – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-111 yang bertempat di kantor LLDIKTI Wilayah III Jakarta, Jl. SMA Negeri 14, Cawang (Senin, 20/5/2019).

Adapun upacara ini dipimpin oleh Dr. Ir. Illah Sailah, MS selaku Kepala Lembaga. Acara dimulai pukul 07.30 hingga 09.00 WIB. Dalam sambutannya, Dr. Illah membacakan arahan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara “Dalam naskah Sumpah Palapa yang ditemukan pada Kitab Pararaton tertulis: Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samanaisun amukti palapa”. Walaupun memiliki banyak tafsiran, Peringatan Harkitnas ini relevan apabila dikaitkan dengan teks tersebut. Dimana Mahapatih Gajah Mada tak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum menyatukan nusantara, seperti saat ini yang bertepatan dengan selesainya pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita.

Selain itu, peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini bersamaan dengan bulan Ramadhan. Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan Ramadan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih. Maka tema “Bangkit Untuk Bersatu” merupakan hal yang tepat. Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.

Dr. Illah juga berharap, “semoga Hari Kebangkitan Nasional ini dapat memotivasi dan memberikan semangat bagi kita semua untuk dapat terus meningkatkan pengabdian kepada Negara, terutama dalam hal Pelayanan Pendidikan Tinggi, karena mutu pendidikan tinggi menentukan mutu untuk kebangkitan nasional.” Selain itu, diamanatkan juga kepada segenap keluarga LLDIKTI Wilayah III Jakarta untuk selalu dapat mempererat tali persaudaraan, menguatkan jiwa nasionalisme,  dan terus menciptakan kreativitas, sehingga kualitas sumber daya manusia yang mumpuni dan dapat terus memberikan pelayanan yang prima.

Sumber: Humas LLDIKTI Wilayah III Jakarta

Hari Kebangkitan Nasional2

Hari Kebangkitan Nasional1 Hari Kebangkitan Nasional

Back To Top